Wednesday, December 21, 2011

Rasis, John Terry Dalam Masalah

Rasis, John Terry Dalam Masalah
Kapten tim nasional Inggris John Terry akan menghadapi dakwaan rasisme, seperti disampaikan oleh kejaksaan London.

Terry dituduh mengeluarkan komentar rasis terhadap pemain Queens Park Rangers, Anton Ferdinand, dalam pertandingan tanggal 23 Oktober.

"Hari ini saya sudah menyampaikan kepada Kepolisian Metropolitan London bahwa John Terry seharusnya didakwa melakukan serangan rasial yang menganggu ketertiban umum menyusul tuduhan atas komentarnya dalam pertandingan antara Queens Park Rangers dan Chelsea tanggal 23 Oktober," kata Kepala Kejaksaan London Alison Saunders.

"Keputusan diambil sesuai dengan undang-undang yang berlaku dan setelah melalui pertimbangan yang berhati-hati terhadap semua bukti, saya puas bahwa cukup bukti untuk peluang bersalah yang realistis dan merupakan kepentingan umum untuk menuntut kasus ini."

Alison menambahkan bahwa Terry kini dipanggil ke pengadilan dengan dakwaan kriminal dan memiliki hak untuk pengadilan yang seimbang.

"Amat penting jika tidak ada hal yang diberitakan yang bisa mendahului pengadilannya," tegas Alison.

Ancaman denda
Keputusan untuk memproses tuduhan atas Terry ini ditempuh setelah polisi menerima pengaduan dari seorang anggota masyarakat.

Bulan November dia dipanggil polisi dan dokumen hasil penyelidikan diserahkan ke kantor kejaksaan Inggris pada awal Desember.

Sementara Otorita Sepak Bola Inggris, FA, mengatakan menunda penyelidikan internal sampai ada keputusan dari kejaksaan.

Bermain di kandang sendiri, saat itu QPR mencatat kemenangan 1-0 atas Chelsea yang bermain dengan sembilan pemain karena dua pemainnya mendapatkan kartu merah.

Terry sudah membantah tuduhan tersebut.

Jika terbukti bersalah, maka Terry diancam hukuman maksimal berupa denda sebesar Pound 2.500 atau sekitar Rp30 juta lebih.

Sidang rencananya akan menghadirkan John Terry di pengadilan London Barat pada tanggal 1 Februari 2012.

0 comments:

Post a Comment